Cegah Sembelit pada Anak dengan 5 Makanan Berserat Ini


Foto: Thinkstock

Serat makanan berfungsi untuk lancarkan pencernaan dan mengangkut zat beracun dari tubuh. Karenanya anak perlu cukup mengasup serat.

Anak-anak membutuhkan serat sekitar 25 gram per hari. Makanan berserat bisa membantu cegah sembelit dan juga penyakit gangguan pencernaan lainnya.

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk membantu lancarkan pencernaan.

1. Alpukat


Buah ini memiliki tekstur yang lembut tapi juga tinggi akan serat makanan. Buah alpukat ini juga kaya akan sumber kalium, folat, vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.

2. Lentil


Lentil kaya akan zat gizi dan serat yang penting dimasukkan ke dalam daftar diet anak. Terlepas dari kandungan serat, lentil atau kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik dari magnesium, kalium, zinc, zat besi dan vitamin B. Lentil bisa dikonsumsi langsung, dibuat sup atau dicampurkan ke dalam salad.

3. Kacang polong


Kacang polong menjadi salah satu biji-bijian yang populer akan kandungan seratnya. Dalam satu cangkir, kacang hijau mengandung sekitar 4 gram serat dan 67 Kkal. Sehingga sangat baik untuk sumber serat bagi anak-anak. Kacang hijau juga tinggi vitamin seperti vitamin A,B,C,K,zinc dan zat besi.

4. Oatmeal


Oatmeal biasanya dikonsumsi untuk sarapan. Selain mengandung karbohidrat, oatmeal juga kaya akan zat besi, protein, zinc, selenium dan vitamin. Dalam satu cangkir oatmeal berkontribusi memberikan sekitar 4 gram kebutuhan serat per hari.

5. Raspberry


Raspberry mengandung persentasi kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya. Raspberry juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat tingkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan kanker dan bantu atasi peradangan.

sumber: detik.com

0 Response to "Cegah Sembelit pada Anak dengan 5 Makanan Berserat Ini"

Post a Comment