Inilah Kiat Bangunkan Anak Sholat Subuh

Tidur nyenyak / Gambar via ionmysleep.com

Seluruh umat Islam di dunia diwajibkan melakukan sholat fardhu. Sholat fardhu ini dilakukan lima kali dalam sehari, dengan waktu dan jumlah rakaat yang berbeda-beda.

Dimulai di waktu fajar, yaitu sholat subuh dengan dua rakaat. Kemudian sholat dzuhur dan ashar empat rakaat, lalu sholat maghrib tiga rakaat, dan sholat isya' empat rakaat. Yang paling sedikit adalah sholat subuh, yaitu dua rakaat.

Tapi malah sholat subuhlah yang paling susah dilakukan, tak hanya bagi anak-anak tapi juga bagi orang dewasa. Karena di waktu fajar itu orang sedang lelap-lelapnya tidur.

Dalam suatu percakapan seorang ibu dan seorang Syaikh. Ibu itu meminta fatwa kepada Syaikh. "Wahai Syaikh, aku tidak bisa membangunkan anak-anakku ketika waktu subuh. Mereka tertidur sangat pulas, aku tak tega membangunkannya."

Kemudian Syaikh tersebut balik bertanya, "Jika ada AC di dalam rumahmu yang terbakar sehingga rumahmu kebakaran dan anakmu sedang tertidur, apa yang akan kamu lakukan?".

"Demi Allah, aku akan membangunkan mereka," kata ibu itu.

"Tapi tidur mereka sangatlah pulas?," tanya Syaikh.

"Aku akan membangunkan mereka walaupun dengan menyeret mereka," kata ibu itu.

"Itu jugalah yang harus kamu lakukan pada anakmu untuk membangunkan mereka ketika sudah datang waktu subuh," kata Syaikh.

Terkadang, kita selalu mengejar nikmat dunia. Menyelamatkan harta benda dan mengejar kenikmatan dunia tanpa mempedulikan akhirat. Padahal, panasnya api dunia tak seberapa jika dibandingkan dengan panasnya api neraka.

Wallahu a'lam bishawwab.

sumber: viva.co.id

0 Response to "Inilah Kiat Bangunkan Anak Sholat Subuh"

Post a Comment