BERAGAM KULINER INDONESIA YANG MEMBUAT LIDAH BERGOYANG

Kuliner nusantara merupakan kebanggan warga Indonesia. Masing-masing daerah pasti memiliki ciri khas kuliner yang unik, menarik, dan penuh cita rasa.

Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya akan kuliner. Tak hanya hasil alam yang melimpah, namun juga dari beragamnya suku sehingga menghasilkan macam kuliner yang menggugah selera para wisatawan manca negara maupun nusantara.

Contohnya di Indonesia bagian barat banyak makanan yang terkenal, seperti di Aceh ada Ayam Tangkap dan Mie Aceh. Sedangkan di Medan ada Saksang, Pelleng, Arsik, dan Naniura.

Jangan lupa juga untuk menjadikan Bika Ambon dan Bolu Meranti sebagai oleh-oleh. Makanan khas seperti Nasi Lemak dan Belacan, juga tidak kalah terkenalnya. Sementara dari Sumatera Selatan, tentu sudah tahu ada Pempek dan Tekwan khas Palembang yang menjadi kuliner wajib untuk memanjakan lidah.

Indonesia bagian tengah, tepatnya di Kalimantan ada Lempok Durian khas Pontianak. Ada juga Soto Banjar dari Banjarmasin, Chai Kue Pontianak, Bubur Pedas ala Kalimantan Barat, ataupun Pisang Gapit yang banyak dijumpai di Balikpapan dan Samarinda. Mie Sagu, Gaguduh, dan Tempoyak juga luar biasa enaknya.

Sementara untuk Indonesia timur, Sulawesi juga mampu membuat wisatawan terpukau dengan Coto Makassar, Sop Konro, dan Es Pisang Ijo atau Pallu Butung. Sulawesi Selatan ada menu ikan Cakalang, Tinutuan dan Bubur Manado dari Sulawesi Utara.

Di daerah Maluku ada makanan Papeda. Jika sedang berwisata di Lombok, Wisatawan biasa terpukau dengan Ayam Taliwang dan sambal Colo-colo. Selain itu, masih banyak lagi kekayaan Kuliner Indonesia.

0 Response to "BERAGAM KULINER INDONESIA YANG MEMBUAT LIDAH BERGOYANG"

Post a Comment