PULUHAN HEKTAR LAHAN DI BAKONGAN TERBAKAR

Kebakaran hebat melanda Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan, menyebakan sekitar 60 hektar kebun kelapa sawit milik warga di Gampong Ujong Padang, dilaporkan hagus. Hingga, Rabu (2/3), tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan bersama perosnel TNI/Polri dan personel Polisi Hutan (Polhut) masih terus berupaya melakukan pemadaman.

Kepala KPH Wilayah VI melalui Kasi PHKA, Irwandi SP,MP kepada Serambi, Rabu (2/3) mengungkapkan, kebakaran hebat itu mulai terjadi sejak, Selasa (1/3), dan sampai sekarang masih berlanjut. “Petugas BPBD Aceh Selatan bersama TNI/Polri dan Polhut hingga saat ini terus berupaya menjinakkan lidah api agar kebagaran tidak terus melebar,” ungkap Irwandi.

Dia memperkirakan, kebakaran lahan yang terjadi di Ujung Padang, Kecamatan Bakongan tersebut kurang lebih mencapai 60 hektar. Bahkan, pada Rabu kemarin, laksi kebakaran tersebut semakin meluas dan terus merambah lahan perkebunan sawit milim masyarakat. “Untuk lebih validnya menyangkut jumlah lahan yang terbakar bisa konfirmasi langsung ke BPBD Aceh Selatan,” pungkas Irwandi.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Selatan, Erwiandi S.Sos,M.Si yang dikonfirmasi Serambi melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Aceh Selatan, Rahmad Humaidi ST MM, membenarkan adanya kejadian kebakaran lahan di Gampong Ujong, Kecamatan Bakongan tersebut.

“Benar telah terjadi kebakaran hutan di Gampong Ujung Padang, Kecamatam Bakongan. Kejadian sejak tanggal 1 Maret 2016, sampai sekarang masih terbakar. Diperkirakan lahan yang terbakar 250-600 hektare,” ungkap Rahmad.

Saat ini, lanjutnya, tim BPBD bersama TNI/Polri dan masyarakat sedang berupaya memadamkan api dengan memakai mobil pemadam dan alat lainnya. “Korban belum ada, dan beberapa keluarga yang bekerja di kebun sudah dievakuasi ke Koramil Bakongan. Kami sangat mengharapkan bantuan masker, karena stok di BPBD Aceh Selatan habis. Kami mohon bantuan dan doa dari teman tim BPBA,” pungkas Rahmad.

0 Response to "PULUHAN HEKTAR LAHAN DI BAKONGAN TERBAKAR"

Post a Comment