PEMERINTAH SABANG KEMBANGKAN TIGA PRODUK KOMODITAS

Cengkeh. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya.
Pemerintah Kota Sabang, Aceh, mengandalkan tiga produk perkebunan untuk dikembangkan, yakni cengkeh, kelapa dan kakao karena memiliki prospek yang cukup besar.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) Kota Sabang Syarbini Yusuf di Sabang, Minggu mengatakan, pulau yang di apit Selat Malaka dan Samudera Hindia ini tumbuh subur beberapa produk pertanian dan sangat prospek untuk dikembangkan.

"Sejak dulu daerah kepulauan ini terkenal dengan produksi cengkeh, kelapa dan kakao," katanya dikutip dari Antara, Minggu (17/4/2016).

Menurutnya, sebagai daerah kunjungan wisatawan, produksi pertanian itu dapat dikembangkan sebagai oleh-oleh khas Sabang untuk dibawa pulang oleh para wisatawan yang berkunjung ke pulau mungil yang berbentuk huruf "W" ini.

"Kita menginginkan setiap produksi pertanian dapat dikembangkan oleh masyarakat dan ini menjadi usaha industri pariwisata. Kita juga sangat mengharapkan pihak Disperindag dapat melatih ibu-ibu rumah tangga, agar melahirkan produksi kue yang berkualitas," harapnya.

Lanjutnya, luas tanaman yang menghasilkan tersebut berkisar dari 100 hektare sampai 200 hektare. Dan menurut data yang berhasil dikumpulkan oleh petugas produksinya mencapai ratusan ton, hasil produksi ini dipastikan mencukupi untuk bahan baku oleh-oleh khas Sabang.

"Produksi kelapa pada 2015 sebanyak 1.470 ton, cengkeh 352 ton, dan kakao 251 ton. Selama ini banyak produksi itu dijual ke Banda Aceh, dan ini harus kita kelola dengan optimal demi kesejahteraan masyarakat Sabang," ujarnya.



0 Response to "PEMERINTAH SABANG KEMBANGKAN TIGA PRODUK KOMODITAS"

Post a Comment